Pentingnya hidup sehat

Posted: June 1, 2010 in Pengetahuan
Tags:

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,
di dalam jiwa yang kuat terdapat pemikiran yang jernih,
di dalam pemikiran yang jernih terdapat tindakan-tindakan yang positif
dan dengan tindakan yang positif akan membuat diri kita lebih maju.

Pepatah latin, men sana incorpore sano, kiranya tepat mengawali tulisan ini. “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat” menjadi suatu sarana untuk mengukur kesehatan tubuh pada manusia. Kesehatan adalah kebutuhan setiap manusia. Tubuh normal manusia sudah memiliki daya tahan yang baik karena berfungsi untuk menghindari bakteri yang tidak cocok untuk tubuh. Menurut salah seorang pakar mikrobiologi: “Ada tiga faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh manusia yaitu hospes (manusia), agent (bakteri), dan environment (lingkungan)’. Kesehatan tubuh manusia tercipta ketika ketiga faktor tersebut seimbang. Seandainya saja salah satu dari ketiga faktor tersebut tidak lengkap atau salah satunya mengalami kerusakan, tubuh manusia akan mengalami sakit[1]”

Betapa rapuhnya tubuh manusia sehingga berbagai usaha mesti dilakukan untuk tetap menjaga kesehatannya. Kesadaran akan arti penting dari kesehatan berarti mencerminkan kehendak akan adanya kecintaan terhadap tubuh. Kecintaan yang dimaksudkan adalah mau merawat, menjaga, serta menyayangi tubuh yang telah diberikan oleh Tuhan. Hal ini akan terlihat jelas melalui perawatan kesehatan yang terus terjaga. Seringkali, orang baru menyadari arti kesehatan ketika sedang mengalami sakit. Kesibukan sehari-hari sering kali membuat kita mudah untuk melupakan betapa pentingnya arti kesehatan. Memang, kesehatan bukanlah segala-galanya, tetapi kita perlu juga menyadari bahwa segala-galanya menjadi tidak akan berarti lagi jika tubuh kita tidak sehat.  Banyak orang berpendapat kesehatan adalah nikmat yang tak ternilai harganya. Berharga, karena seseorang tidak akan bisa beraktivitas dengan baik tanpa ditunjang fisik dan fsikis yang sehat dan kuat. Meski penting bagi kehidupan, namun tidak sedikit masyarakat mengabaikannya. Mereka baru menyadari penyakit yang menyerang tubuh ketika sudah pada stadium berbahaya atau kronis.

Mungkin sekarang sudah saatnya kita hidup sehat, hidup sesuai pola  yang teratur. Cobalah untuk menerapkan hidup sehat  untuk diri anda sendiri saja dulu kemudian orang lain. Mulai dari pola makan yang teratur, biasakan selalu makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Berikutnya olaharaga yang teratur, kalau anda sibuk anda bisa berolahraga setiap hari libur kerja, misalnya pergi ketempat fitnes atau gym, agar badan tetap sehat. Tapi usahakan agar setiap hari selalu berolahraga.

Pola hidup hidup sehat itu seharusnya di tanamkan sejak dini. Sejak kita masih kecil harusnya kita di perkenalkan pola hidup yang baik, sehingga ketika kita sudah dewasa kita akan terbiasa, dari pola makan dan makanannya itu harus sehat semua. Dan juga di biasakan berolahraga.

Untuk makanan yang dipilih untuk di makan sehari-hari sebaiknya memakan makanan yang tidak mengandung kolesteror atau yang mengandung lemak tak jenuh. Makanan seperti itu dapat menyebabkan penyakit-penyakit sperti, jantung, stroke dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.Selain itu, dalam menjalani pola hidup sehat, pikiran kita harus selalu berpikir positif, agar kita tidak mudah stress. Karena apabila kita stress kita akan mudah terserang penyakit seperti darah tinggi dan stroke.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya dari sekarang kita terapkan pola hidup sehat sebelum terlambat, makan makanan 4 sehat 5 sempurna, perbanyak olahraga dan jangan lupa beristirahat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s