Makanan yang baik bagi lansia

Posted: June 2, 2010 in Pengetahuan
Tags:

Menjadi tua memang tak bisa dicegah. Proses penuaan ini disertai dengan menurunnya kekuatan tubuh dalam berbagai hal. Salah satunya adalah menurunnya sistem metabolisme tubuh, seperti pergerakan berkurang, tergangguanya intelektualitas, mulai suka mengisolasi diri, menurunnya vitalitas, insomnia, kemunduran panca indra, dan kemunduran proses penyembuhan karena berbagai hal terutama penyakit.

Bukan hanya ditandai dengan menurunnya metabolisme tubuh, perubahan fisik juga turut menyertai lansia, seperti, gigi ompong, persendian kaku, gampang kesemutan, kulit keriput, perut sering mual, dan susah buang air besar.

Susah buang air besar (BAB) adalah hal yang paling sering dikeluhkan para lansia. Ditambah pola makan yang tidak sehat dan hal itu malah akan memperburuk kondisi lansia. Oleh sebab itu, lansia sebaiknya lebih memperhatikan pola hidup sehat dan memahami keadaan tubuhnya.

Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh lansia, seperti menghindari gula pasir yang dapat membut asam lambung meningkat, gorengan, buah seperti mangga dan nanas, dan garam.

Lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lunak yang dapat membantu mempermudah sistem pencernaan mengolah makanan. Buah pisang dan umbi-umbian adalah salah satu makanan yang diperbolehkan. Jenis pengolahan makanan juga harus diperhatikan agar lansia tak merasa bosan dengan makanan yang disajikan.

Mengolah makanan menjadi bubur atau membuat jenis makanan kukus dan direbus bisa menjadi alternatif. Selain itu konsumsi biji-bijian juga dianjurkan untuk lansia, contonya biji wijen, biji bunga matahari, dan biji semangka yang bisa meningkatkan saraf otak dan kaya akan kalsium.
Tak kalah pentingnya adalah mengatur waktu makan untuk lansia. Pengaturan waktu makan ini diperlukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan sistem pencernaan. Berikut adalah contoh pengaturan waktu makan dan jenis menu yang dapat diberikan untuk lansia :

Makan pagi : bubur beras merah, ketela, gembili, kelapa parut bisa di taburkan di bubur merah, atau daging kelapa.

Makan siang : tahu, sayur segar, lalapan yang di cincang halus dan susu segar.

Makan malam : tanpa nasi, sup sayur, pepes ikan, ayam kampung (diblender), dll.

Makanan lain yang bisa dicoba adalah jus buah dan sayur yang sangat diperlukan lansia untuk menjaga kestabilan kebutuhan serat tubuh, sekaligus sebagai terapi kesehatan.

Jus buah dan sayur serta manfaatnya untuk lansia seperti wortel dan sledri untuk antioksidan, wortel dan daging kelapa muda untuk asam lambung, delima dan sledri 3 batang untuk menghilangkan capek dan linu, nanas dan yogurt untuk antioksidan dan pencernaan, nanas dan jahe untuk kaku dan bengkak, pepaya dan pisang untuk melapisi lambung.

Comments
  1. rahmayani says:

    ad ga mkanan atw pngobtan altrnatif brbntuk daun2an utk lansia yg mngidap infeksi kandung kemih,ortu sy mngidap pnyakit trsbut & BAB yg tdk trkontrol lg. Tlong d bantu ya…………..btw thnks untk jdwal menunya,ckup membntu sy……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s